SODVENTURE

sharing and inspiring

Kodingareng Keke, Potongan Kecil Surga di Spermonde

Sebelum berkunjung ke pulau yang berjarak 14 km dari Makassar ini saya sangat penasaran dengan bagaimanakah rupa dari pulau kecil ini, teman-teman saya sering bercerita jika pemandangan di pulau seluas kurang dari 1 ha ini katanya sangat indah, eksotis dan mempesona.

Transportasi ke pulau Kodingareng keke bisa ditemui dari dermaga kecil yang terletak di depan Fort Rotterdam, Makassar. Tidak ada kapal reguler ke pulau Kodingareng keke, jika hendak berwisata ke sana kita harus mencarter kapal kecil berpenumpang maksimal 10 orang dengan tarif sekitar 500.000 rupiah.

Perjalanan dari Makassar ditempuh kurang lebih setengah jam, selama perjalanan kita dapat menikmati pemandangan laut biru sejauh mata memandang dihiasi kapal-kapal besar yang sedang lego jangkar. Setelah melewati pulau Samalona perlahan terlihat daratan kecil putih dikelilingi air laut jernih dengan gradasi warna hijau dan biru. Semakin mendekat, semakin terlihat bahwa memang pulau itu sungguh indah mempesona. Sebelum kapal bersandar di dermaga saya perhatikan air laut sekitar pulau sangat jernih, sampai-sampai warna warni terumbu karang dengan berbagai macam satwa lautnya terlihat jelas dari atas, uh tidak sabar rasanya ingin segera menceburkan diri. 


Disambut oleh hamparan pasir putih yang indah, akhirnya saya pun menginjakan kaki di pulau ini. Sebelum menceburkan diri ke laut saya sempatkan untuk sedikit mengeksplore pulau ini. Pulau Kodingareng keke ini ternyata tidak berpenghuni, berkunjung ke sana kita seperti akan berwisata ke pulau pribadi. Tidak ada fasilitas apapun di sini kecuali sebuah dermaga kecil untuk sandaran kapal dan beberapa tempat sampah yang cukup terawat. Pulau ini bentuknya memanjang dari barat ke timur, terdapat pohon-pohon pinus dibagian tengah pulau. Sisi selatan dan utara dihiasi oleh hamparan pasir putih yang menawan.

 
Setelah melihat-lihat pulau, saatnya untuk mengekplore keindahan bawah laut Pulau Kodingareng Keke. Di hadapan garis pantai sebelah selatan kita akan menemui peraian dangkal yang luas, area ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling. Di perbatasan perairan dangkal dan perairan dalam kita akan menemui wall yang tidak terlalu curam. Di sinilah tempat terbaik untuk sekedar menikmati keindahan bawah laut, kita akan menemui berbagai macam bentuk dan warna terumbu karang, ikan-ikan berwarna warni berenang ke sana kemari, rasanya seperti sedang berada di dunia lain...sungguh indah sekali. 


Namun sayang di beberapa spot terdapat terumbu karang yang rusak karena bom ikan. Mudah-mudahan tangan-tangan jahil tak bertanggung jawab ini segera sadar untuk tidak lagi merusak kekayaan dan keindahan alam bawah laut pulau Kodingareng keke. 


Beberapa tips jika teman-teman akan mengunjungi pulau ini. Tawarlah harga sewa kapal, karena biasanya para pemilik kapal akan menawarkan harga yang lebih mahal. Ajaklah teman-teman anda, selain akan semakin asyik, biaya sewa kapalpun akan lebih ringan karena ditanggung bersama. Waktu terbaik berwisata ke kepulauan spermonde adalah saat cuaca cerah sekitar bulan april sampai oktober. Jangan lupa untuk membawa sunblock agar kulit tidak gosong. Jangan seperti saya, lupa membawa kamera bawah air, karena sayang sekali keindahan bawah air pulau Kodingareng jika tidak diabadikan. Terakhir, jangan lupa bawa makanan yang banyak karena setelah asyik nyebur biasanya luaper...Semoga bermanfaat.