SODVENTURE

sharing and inspiring

Tanjung Bira, Surga di Ujung Selatan Sulawesi


Apa kabar sahabat? Semoga selalu dalam keadaan luar biasa, setelah lama tidak posting kali ini saya ingin sharing tentang salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Sebenarnya ada banyak sekali tempat tujuan wisata disini, namun bila kita bertanya dimana tempat yang bagus di Sulawesi Selatan, hampir semua orang tidak lupa akan merekomendasikan Pantai Tanjung Bira.

Tanjung Bira merupakan sebuah daratan di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan yang menjorok ke Laut Flores, tepatnya  Tanjung Bira berada di kecamatan Bonto Bahari kabupaten Bulukumba.

Jika perjalanan dilakukan dari Kota Makassar, kita akan melalui jalan poros yang rutenya sedikit memutar  menyusuri pantai selatan Pulau Sulawesi. Di beberapa tempat selama perjalanan sahabat akan di manjakan oleh pemandangan pantai di satu sisi dan pegunungan di sisi lainnya.  Jarak Tanjung Bira dari Makassar kurang lebih 200 KM, ditempuh kira-kira selama 4 sd 5 jam perjalanan.


Apa saja yang ada di tanjung bira? Yang paling menawan adalah hamparan pantai pasir putihnya yang sangat indah. Yang unik dari pantai tanjung bira ini adalah pasir pantainya yang sangat lembut persis tepung. Berbeda dengan kebanyakan pantai berpasir putih yang umumnya memiliki karakter pasir yang sedikit kasar. Di tanjung ini ada dua sisi pantai, yaitu di sisi barat dan sisi timur. Namun sepertinya para pengunjung lebih menikmati pantai di sisi barat. Pantai Tanjung Bira sepertinya sudah dikelola dengan baik, pantainya begitu bersih , rapi dan terawat. Air pantainya berwarna biru muda dan sangat jernih, dari sana kita bisa melihat indahnya lautan biru sejauh mata memandang ,,,yang pasti indah sekali.



Berbagai aktifitas liburan bisa kita lakukan di sini, dari sekedar berjemur sambil menikamati indahnya lautan atau berbasah-basahan di tepi pantai. Di beberapa bagian tepian pantai ada banyak terumbu karang, kita bisa jalan-jalan sambil menikmati macam-macam satwa laut seperti ikan-ikan kecil, bintang laut, kepiting dsb. Jika berjalan-jalan di bibir pantainya be careful ya karena banyak babi laut dan karang yang tajam.






Ada juga penyewaan Banana Boat jika sahabat ingin berkeliling di sekitar pantai. Tapi yang menurut saya tak boleh sahabat lewatkan adalah menikmati keindahan bawah laut di perairan sekitar tanjung bira, kita bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai macam satwa lautnya yang sangat indah. Ada beberapa spot untuk snorkeling maupun diving disana, yang paling dekat adalah di sekitar pulau liukang loe, pulau kecil persis di seberang pantai barat tanjung bira. Untuk ke sana kita harus menyewa perahu yang sudah banyak tersedia di pantai tanjung bira, harga sewa sekitar 250 ribu untuk maksimal 10 orang. Oh ya jangan lupa nego ya,,,




Di perairan pantai pulau liukang loe ada penangkaran penyu lho, jika sahabat ingin merasakan sensasi berenang bersama penyu sahabat hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah. Di sana juga ada rumah makan jika sahabat merasa laper setelah cape menikmati keindahan bawah laut pulau Liukang Loe,,,hmm…nikmatnya makan di tengah lautan,,,




Jangan lupa menyempatkan waktu untuk mengunjungi Desa Ara atau Desa Tanah beru untuk melihat pembuatan kapal Pinisi yang terkenal itu.  Jika ada kesempatan, berwisata ke Tanjung Bira harus sahabat coba untuk menyegarkan kembali diri sahabat setelah melakukan rutinitas sehari-hari…setelah itu, kita siap untuk kembali berkarya.  
semoga bermanfaat...
:)