SODVENTURE

sharing and inspiring

Pulau Cantik Itu Bernama Langkadea

Di sebelah barat jazirah Sulawesi Selatan terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang sering disebut dengan kepulauan Spermonde, membentang dari kabupaten Takalar di selatan hingga kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) di utara. Kepulauan Spermonde terdiri dari sekitar 120 pulau yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Salah satunya adalah pulau Langkadea yang terletak di wilayah kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Pulau tak berpenghuni ini menawarkan begitu banyak pesona keindahan. Saya dan teman-teman dari Makassar sangat bersyukur berkesempatan menikmati keindahan pulau ini.

Karena tidak ada kapal reguler, untuk kesana kita perlu menyewa kapal penumpang dari pelabuhan Kayu Bengkoa atau pelabuhan Paotere Makassar. Tarif sewa antara 800ribu hingga 1 juta Rupiah untuk menyewa kapal penumpang dengan kapasitas maksimal 30 orang, dengan begitu jika hendak kesana sebaiknya kita mengajak banyak teman agar biaya kapal lebih ringan.


Setelah satu jam terombang-ambing di lautan, akhirnya kami tiba di pulau Langkadea. Pulau cantik ini menyambut kami dengan hamparan pantai pasir putihnya yang kontras dengan gradasi biru warna laut. Pulau Langkadea sepertinya pernah dihuni, ada bekas-bekas bangunan rumah, sumur, fasilitas MCK bahkan ada bangunan mesjid cukup besar yang masih utuh.


Pulau yang cukup rindang dengan pepohonan ini memanjang dari selatan ke utara, hamparan pantai pasir putih yang luas terdapat di sisi timur dan barat. Tak perlu waktu lama untuk mengelilingi seluruh sisi pantai pulau kecil ini. Dari setiap sudut pantainya, pulau ini sungguh indah memanjakan mata.



 Dari pulau Langkadea, kita bisa menikmati indahnya moment matahari terbit dan juga matahari terbenam. Ini kesempatan yang jarang bisa menikmati suasana itu dari pulau kecil ditengah lautan. Matahari seakan muncul dan tenggelam di samudera.


Air laut yang berwarna biru muda dan sangat jernih pasti akan menggoda siapa laja yang melihatnya. Asyik sekali untuk berenang sambil menikmati keindahan bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan biota laut adalah keindahan lain dari pulau Langkadea yang sayang jika dilewatkan.



Dengan berbagai keindahan yang ditawarkannya, siapapun pasti tidak akan menyesal mengunjungi pulau Langkadea. Semoga bermanfaat...