SODVENTURE

sharing and inspiring

Masih Sering Kesiangan? Anda Perlu Membaca 7 Manfaat Bangun Pagi Berikut Ini


Bagaimana perasaan Anda ketika bangun lebih pagi dari biasanya?. Mungkin Anda tidak terlalu menyukainya karena ingin istirahat lebih lama lagi. Anda bangun saat alarm berbunyi, tapi sekedar untuk mematikannya dan kemudian melanjutkan tidur untuk beberapa menit waktu tambahan. Pada awalnya membiasakan bangun lebih pagi memang sebuah tantangan yang cukup sulit, tetapi setelah mulai melakukannya secara konsisten, Anda akan merasakan berbagai manfaat kebiasaan bangun lebih awal di pagi hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus bangun lebih pagi.

1. Meningkatkan Produktivitas 
Pagi hari adalah waktu dimana otak paling waspada dan fokus, sehingga pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas paling penting yang harus dilakukan segera. Jika Anda sudah terbiasa bangun pagi dan memanfaatkannya dengan menyelesaikan pekerjaan terpenting, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas lainnya. Anda bisa mencobanya dengan bangun 20 menit lebih awal dari biasanya untuk membuat sarapan serta memikirkan rencana apa yang akan Anda kerjakan hari ini.

2. Memiliki Lebih Banyak Waktu 
Lebih awal Anda bangun sama dengan lebih banyak waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan sesuatu. Setiap orang memiliki lama waktu tidur yang berbeda, tetapi rata-rata kita membutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk beristirahat dengan baik. Ketika Anda menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur maka saat itu Anda sedang membuang-buang waktu. Tidur yang lama belum tentu baik, namun dengan membiasakan bangun lebih awal pada waktu yang sama setiap pagi itu akan membuat tidur Anda menjadi lebih baik.

Memiliki lebih banyak waktu (sumber : www.latsonleadershipgroup.com)
3. Perjalanan Yang Lebih Mudah 
Perjalanan ke kantor, ke sekolah, ke pasar, kemanapun Anda akan pergi, berangkat lebih pagi akan jauh lebih mudah dan menyenangkan daripada berangkat pada waktu yang sama dengan orang kebanyakan. Anda akan jauh lebih leluasa berjalan di jalan yang lebih sepi atau Anda tidak perlu berdiri dan berdesak-desakan karena kehabisan kursi di bis ataupun di kereta. Selain itu, dengan bangun dan berangkat lebih pagi Anda tidak perlu stress karena mengalami kemacetan di perjalanan.

4. Lebih Siap Menghadapi Hari
Pagi hari adalah waktu terbaik untuk merencanakan hari Anda. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan hanya setelah Anda mandi. Ditemani secangkir teh dan berpikir dengan tenang Anda bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik untuk menyambut hari. Apakah itu menyiapkan agenda, berkas-berkas penting yang harus dibawa, atau sekedar meninjau kembali pekerjaan Anda semalam.

5. Sarapan Pagi 


Pentingnya sarapan pagi (sumber : everydaylife.globalpost.com)
Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, selama tidur tidak ada makanan yang masuk sedangkan tubuh tetap bekerja seperti biasa. Ketika bangun Anda memiliki sedikit energi dalam tubuh. Sedangkan di pagi hari berbagai aktivitas fisik mulai dilakukan. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi berasal dari makanan yang disantap saat sarapan. Kebanyakan orang melewatkan waktu makan terpenting ini dengan alasan tidak sempat karena tidak ada waktu lagi. Dengan bangun lebih pagi, Anda tidak memiliki alasan lagi untuk melewatkan sarapan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur 
Untuk bangun lebih pagi, Anda harus mulai tidur lebih awal di malam sebelumnya. Itu berarti waktu istirahat yang lebih lama. Waktu tidur yang cukup akan membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Ketika Anda bangun pada waktu yang sama setiap hari, tubuh akan menyesuaikan dan bukan hanya Anda akan lebih mudah bangun di pagi hari, Anda juga akan merasa lelah di malam sebelumnya dan tidur lebih cepat.

7. Menikmati Matahari Terbit


Menikmati Matahari terbit (sumber : greenchain.com)
Indahnya pemandangan matahari terbit adalah hadiah bagi Anda yang telah bangun lebih pagi. Selain pemandangan indah yang memanjakan mata, sinar mentari di pagi hari sesaat setelah terbit ternyata memiliki banyak manfaat bagi Anda. Para ahli menyebutkan bahwa berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari akan merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D, merangsang tubuh memproduksi hormon serotonin dan melepaskan hormon endorfin (keduanya membuat Anda merasa lebih positif dan bahagia), meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Memulai sesuatu memang selalu lebih sulit, namun jika sudah terbiasa itu akan lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Begitupun dengan memulai membiasakan diri bangun lebih pagi, jika hampir setiap hari Anda bangun telat maka akan sedikit sulit bagi Anda untuk memulai kebiasaan baik ini. Untuk membantu Anda cobalah beberapa tips sederhana di bawah ini.

  1. Cobalah untuk tidur beberapa puluh menit lebih cepat dari biasanya, jangan melakukan hal yang melelahkan sebelum Anda tidur. 
  2. Matikan semua alat elektronik dan jauhkan ponsel dari tempat tidur Anda, ini untuk memastikan Anda tidak terganggu selama istirahat. 
  3. Letakan alarm jauh dari tempat tidur Anda, ini akan memaksa Anda bangun di pagi hari untuk mematikannya. 
  4. Jangan tergoda untuk menekan tombol “snooze” alarm Anda, segeralah bangkit dari ranjang Anda. 
  5. Membasuh muka, minum air putih dan temukan sinar matahari. 
  6. Lakukan olahraga ringan, ini akan meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh yang akan membuat Anda lebih siap dan waspada.