sodventure

inspiring adventure

Ramang-Ramang, Keindahan Salah Satu Sudut Karst Maros-Pangkep


Kawasan Karst Maros-Pangkep yang terletak di jazirah provinsi Sulawesi Selatan selain menyimpan cadangan batu granit yang melimpah untuk industri semen juga menyimpan berbagai kekayaan alam lain terutama keunikan pemandangan alamnya yang memiliki potensi cukup besar untuk pengembangan industri priwisata.

Ramang-ramang adalah salah satunya, merupakan sebuah dusun di salah satu sudut kawasan karst maros-pangkep yang memiliki pemandangan alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berada di kabupaten Maros, dusun ini dapat di tempuh selama kurang lebih 2 jam dari kota Makassar.


Memasuki dusun ramang-ramang kita akan disambut oleh pemandangan hamparan pegunungan karst yang berjejer dan menjulang. Menelusuri dusun ini lebih dalam lagi kita akan menemui sebuah aliran sungai tenang, penduduk menyebutnya sungai puthe. Pemandangan di sekitar sungai ini menurut saya sangat menarik dimana kita bisa menikmati pemandangan aliran sungai dengan latar belakang gunung-gunung karst hijau yang menjulang.


Tidak hanya sampai di situ, kita pun bisa menikmati pemandangan pegunungan karst sambil  menyusuri sungai puthe dengan perahu yang banyak disewakan oleh penduduk, ini pengalaman yang asik. Setelah sampai dermaga terakhir sungai puthe saya kira perjalan menjelajah ramang-ramang telah usai, namun ternyata disini pun ada pemandangan yang tak kalah menarik dari sebelumnya. Disana kita akan menemui pemandangan indah hamparan sawah yang dikelilingi oleh gunung-gunung karst yang menjulang tinggi.


Namun ternyata desa ramang-ramang yang indah ini tidak cukup dikenal oleh warga sulawesi selatan itu sendiri. Kawasan ini baru familiar diantara kawan-kawan pencinta travelling sementara masyarakat umum masih banyak yang bertanya apa, dimana dan ada apa di ramang-ramang itu. Semoga artikel ini membantu kita untuk mengenal ramang-ramang lebih dekat.


Jika anda sedang berada atau berencana mengunjungi Makassar saya sarankan jangan melewatkan tempat ini. Ramang-ramang bisa diakses dengan mudah dari Makassar, anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi menyusuri jalan poros maros-pangkep kemudian berhenti di belokan jalan masuk menuju pabrik semen bosowa. Darisana, dusun ramang-ramang hanya berjarak beberapa ratus meter. Jika anda berminat mencoba menusuri sungai puthe, kisaran harga sewa adalah sekitar 100 sd 150 ribu rupiah tergantung kepiawan anda menawar, dan itu untuk maksimal 10 orang.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment