SODVENTURE

sharing and inspiring

Ingin Sukses, Mulailah Dengan Merubah Keyakinan-keyakinan Anda


Saya yakin Anda pernah bertemu dengan orang yang hidupnya sukses, penuh motivasi dan berdaya. Mungkin itu keluarga, teman, tetangga atau bisa jadi seorang artis yang terkenal. Mereka terlihat hebat seakan mampu mengubah apapun yang dimilikinya menjadi emas dan kesuksesan datang pada Mereka lebih cepat dan lebih besar. 

Mungkin Anda bingung memikirkan bagaimana orang itu bisa begitu berhasil tanpa terlihat dari mereka perjuangan yang jelas sementara Anda merasa telah bekerja keras tetapi seperti ada sesuatu yang menghalangi Anda untuk sukses. Anda mungkin berpikir itu adalah semacam ketidakadilan atau Anda merasa memang tidak ditakdirkan untuk sukses. Atau mungkin orang-orang sukses itu memiliki orang tua yang sudah kaya raya dari dulu. Kadang hal itu benar adanya, keberhasilan dan kekayaan itu diwariskan dari orang tua. Namun sebagian besar tidak begitu, tapi itu adalah hasil dari jerih payah.

Sukses bukan hanya ditentukan oleh faktor keturunan, pendidikan ataupun kelas sosial. Yang paling menentukan adalah pola pikir. Sukses adalah sebuah sikap yang datang dari keyakinan yang kuat dan pikiran yang berdaya. Telah banyak buku yang menuliskan tentang hal ini, mungkin Anda pernah membacanya. Oleh karena itu, untuk menggapai keberhasilan pertama-tama Anda perlu memiliki keyakinan positif yang kuat. Keyakinan seperti apa yang perlu Anda perlukan?. Berikut beberapa contoh terpentingnya : 

Saya Bertanggung Jawab atas Hidup Saya 
Anda harus yakin bahwa Anda dan hanya Anda sendiri yang bertanggung jawab pada hidup Anda. Tidak Ada yang bisa diandalkan kecuali diri Anda sendiri. Hidup tidak terjadi begitu saja tapi itu adalah hasil dari bagaimana Anda merespon peluang dan tantangan. 

Saya Mampu membuat Masa Depan yang Lebih Baik 
Tidak peduli bagaimana masa lalu dan keadaan Anda saat ini, Anda harus yakin bahwa Anda dapat mengubah masa depan dengan tindakan yang Anda ambil saat ini. Sebagian orang terjebak dalam pola pikir dimana mereka percaya bahwa mereka hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sedikitpun kontrol atas kehidupannya. 

Ada Banyak Peluang di Luar Sana 
Orang-orang sukses berpikir bahwa hidup ini penuh dengan kelimpahan dan kesempatan, bukannnya kesengsaraan dan kekurangan. Percayalah, dengan meyakini hal ini akan membuat perbedaan dalam hidup Anda. Percayalah bahwa hidup, energi, cinta, kesempatan, keberhasilan dan kebahagiaan itu melimpah. Karena memang begitu sebenarnya. 

Saya Tidak Memerlukan Persetujuan Orang Lain Untuk Sukses
Jika anda selalu mencari persetujuan dari orang lain Anda tidak akan pernah beranjak jauh dan Anda akan merasa tidak berdaya. Orang sukses mengikuti kata hati mereka bahkan ketika orang lain bersikap skeptis dan menolak. 

Niat Itu Penting dan Memiliki Pengaruh yang Nyata 
Kebanyakan orang tidak sadar akan hal ini, niat adalah hal yang sangat kuat yang membuat banyak hal yang Anda inginkan terjadi dan tentu saja membawa Anda pada tujuan dengan lebih cepat. 

Orang Lain Adalah Jalan Menuju Sukses dan Bukan Hambatan
Jika dilakukan dengan cara yang benar dan Anda berteman dengan orang yang tepat, Anda akan meningkatkan usaha Anda berkali-kali lipat. Anda akan menyelesaikan banyak hal lebih cepat dengan mendapatkan bantuan dari orang lain. 

Pikiran Positif Adalah Kekuatan yang Memberdayakan 
Orang-orang sukses tahu betul bahwa memilih untuk memulai hari dengan berpikir positif akan membuat mereka menemukan hal-hal positif lainnya di sepanjang hari. Yakinlah akan hal itu dan segera lakukan ketika besok Anda bangun pagi. 

Kerja Keras dan Ketekutan tidak Akan Sia-sia 
Hadiah tidak selalu datang dengan segera tapi terkadang dalam jangka panjang. Kerja keras dan ketekunan Anda tidak selalu memberikan hasil dengan segera. Namun jangan pernah surut, tetaplah berada pada jalur yang benar. Percayalah bahwa setiap keringat yang keluar akan dibayar dengan harga yang pantas sekarang ataupun nanti, yang pasti itu akan terjadi. 

Kegagalan Adalah Hal yang Baik 
Jangan mudah terpuruk oleh kegagalan, percayalah kegagalan itu adalah hal yang baik asal Anda menyikapinya dengan benar. Orang sukses dapat mengubah kegagalan menjadi keberhasilan dengan belajar dari kegagalan sebelumnya dan mencobanya lagi dengan cara yang lebih baik. 

Hal Buruk itu Bersifat Sementara 
Kita semua akan melewati episode buruk kehidupan. Semua hal datang dan pergi, keadaan yang naik dan turun silih berganti. Ini adalah siklus kehidupan. Seiring waktu Anda akan melewati episode buruk itu kecuali Anda memilih untuk tidak beranjak. 

Saya Mampu Mengubahnya Menjadi Lebih Baik 
Anda memiliki pandangan yang sangat dinamis tentang kehidupan. Selalu ada ruang untuk perubahan dan perbaikan terutama pada keterampilan dan pengetahuan. Pada setiap hal, tanyakanlah pada diri Anda bagaimana Anda bisa mengubahnya menjadi lebih baik lagi?. 

Lupakan, Maafkan, Bergembiralah! 
Jangan pernah terjebak dalam kebencian dan dendam. Menyimpan kebencian hanya akan menambah kekecewaan. Berdamailah dengan pikiran Anda, lupakan semua dendam, pandanglah setiap orang dengan cinta kasih dan bergembiralah. 

Saya Memiliki Semua yang Saya Perlukan untuk Sukses 
Anda harus mengetahui diri Anda sendiri dengan menyelaminya secara mendalam. Anda harusnya menemukan diri bahwa semua yang diperlukan untuk sukses sudah tersedia dalam diri Anda. Pikiran yang cemerlang, mata yang mampu melihat peluang, kaki yang terus melangkah, tangan yang kuat dan semangat yang tak pernah redup.