SODVENTURE

sharing and inspiring

Inilah 9 Manfaat Berlibur


Berlibur tidak melulu soal menghabiskan uang atau berfoya-foya. Apalagi sekarang ini sedang ramai tren liburan ala kadarnya atau lebih dikenal dengan istilah backpacker. Dengan berlibur ala backpacker ini kita bisa membuat biaya liburan menjadi semurah mungkin. Saat ini liburan bukan hanya sekedar gaya hidup, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Tahukah anda, ternyata kegiatan berlibur ini memiliki segudang manfaat, berikut 9 diantaranya :

1. Mengurangi stres
Berlibur ke tempat yang eksotis bisa mengurangi risiko tekanan darah, membantu anda tidur lebih baik, dan bangkit kembali dari stres. Selain itu berlibur bisa membuat anda lebih bahagia dan merasakan lebih banyak energi. Manfaat baik ini bisa bertahan di diri anda setidaknya lebih dari dua minggu setelah pulang berlibur.

2. Keluar dari rutinitas yang monoton
Pergi berlibur berarti anda sedang istirahat dari rutinitas kegiatan harian anda. Menikmati tempat-tempat yang menarik selama berlibur akan mengisi ulang energi anda. Liburan seperti sebuah terapi  yang membuat perubahan dari rutinitas harian. Hal ini akan mencegah tubuh dan pikiran dari kemonotonan.

3. Manfaat berada di luar ruangan
Saat berlibur, anda lebih mungkin berada di luar ruangan bukannya terperangkap di dalam ruangan kantor. Ini berarti Anda akan menghirup lebih banyak udara segar dan menikmati alam bebas. Bahkan jika sekedar bermalas-malasan sambil berjemur di pantai, anda akan bernapas lebih dalam menikamti segarnya angin laut. Anda juga akan mendapatkan manfaat dari hangatnya sinar matahari.

4. Anda akan lebih aktif
Pergi berlibur akan membuat anda lebih aktif. Selain dari kegiatan berlibur itu sendiri seperti arung jeram, hiking, snorkeling atau bermain voli pantai. Selama berlibur anda juga akan dituntut untuk melakukan lebih banyak hal daripada biasanya.

5. Menambah nafsu makan
Beberapa kegiatan liburan akan cukup menguras energi anda. Saat anda kelelahan, perut yang keroncongan meminta untuk segera diisi. Suasana tempat liburan yang indah semakin menambah selera makan anda. Maka tak heran saat anda sedang berlibur anda akan meminta tambahan makanan di piring anda. Selain itu kuliner-kuliner khas dari daerah yang sedang anda kunjungi akan semakin memanjakan lidah anda.

6. Melatih Anda Untuk Bisa Beradaftasi
Saat beribur anda akan menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang berbeda dari biasanya. Saat itulah anda akan dilatih untuk bisa beradaftasi. Ketika hiking tubuh akan belajar beradaftasi dengan dinginnya suhu pegunungan. Ketika berwisata pantai anda akan belajar beradaftasi dengan cuaca yang panas. Tidak jarang anda juga akan dituntut untuk beradaftasi dengan budaya dan norma-norma di tempat yang sedang anda kunjungi. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kehidupan anda, terutama di saat anda menghadapi perubahan besar dalam hidup, anda tidak akan terkejut karena sudah terbiasa untuk menyesuaikan diri.

7. Mendapatkan teman dan wawasan baru
Berlibur memungkinkan anda untuk bertemu dengan teman-teman baru dari seluruh dunia. Bersosialisasi dengan teman baru anda akan memberi anda pengetahuan baru. Anda akan menemukan budaya-budaya baru yang unik atau mungkin mempelajari bahasa baru. Bahkan bisa saja tiba-tiba anda bercakap-cakap dengan teman baru anda tentang suatu bisnis yang menjanjikan.

8. Meningkatkan rasa percaya diri
Anda berniat untuk pergi berlibur ke tempat impian anda, dengan tekun anda akan mengumpulkan uang untuk liburan itu. Mempersiapkan segala sesuatunya walaupun dengan berbagai kekurangan. Dan ketika anda sudah asyik menikmati tempat impian itu, anda membuktikan anda bisa mencapai apa yang anda inginkan. Hal ini tentunya akan membuat anda lebih merasa percaya diri untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan yang sebenarnya.

9. Memperbaiki hubungan dengan orang-orang yang anda cintai
Sibuknya rutinitas pekerjaan harian membuat waktu anda bersama orang-orang tercinta menjadi terbatas. Berlibur akan memberi anda kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu yang berkualitas dengan pasangan maupun anak-anak anda dengan tanpa gangguan dari tanggung jawab tugas pekerjaan. Melakukan kegiatan liburan bersama akan mempererat hubungan anda dengan orang-orang yang anda kasihi.