SODVENTURE

sharing and inspiring

Pentingnya Menjaga Kelestarian Terumbu Karang


Perlu kita sadari bahwa terumbu karang bukan hanya sebuah daya tarik wisata yang indah tetapi juga merupakan sumber kehidupan bagi makhluk-makhluk yang bergantung padanya. Kerusakan terumbu karang akan berdampak sangat buruk pada ekosistem bawah laut. Terumbu karang yang sehat merupakan dasar dari ekosistem laut tropis yang memberikan mata pencaharian, makanan dan kesenangan bagi jutaan orang di seluruh dunia.
 
Terumbu karang adalah salah satu ekosistem tertua di Bumi. Terumbu karang menyokong kehidupan beranekaragam spesies dan menyediakan sumber makanan dan tempat tinggal yang tak tergantikan. Hutan hujan tropis memainkan peran yang sama di daratan. Selain itu ekosistem terumbu karang juga menyediakan berbagai kebutuhan hidup manusia seperti perikanan, pariwisata, perlindungan garis pantai, dan hasil senyawa penting dalam pengembangan obat.

Terumbu karang menjadi sumber makanan dan tempat tinggal berbagai spesies laut
Terumbu karang sangat rentan, aktivitas manusia seperti snorkeling yang tidak hati-hati, penangkapan ikan yang merusak (seperti dengan racun atau bom ikan), dan membuang sampah di laut sembarangan dapat merusak bahkan membunuh karang. Terumbu karang membentuk penghalang alami yang melindungi garis pantai dari abrasi, sehingga secara tidak langsung melindungi pemukiman-pemukiman yang berada di daerah pesisir. Terumbu karang juga telah digunakan dalam pengembangan pengobatan kanker, HIV, penyakit jantung, penyakit kulit, dan berbagai penyakit lainnya.

Penangkapan ikan dengan bom ikan menghancurkan terumbu karang
Meskipun terumbu karang hanya mencakup kurang dari 1% dari permukaan bumi, tetapi itu adalah rumah bagi 25% spesies ikan laut diseluruh dunia. Banyak orang terutama yang bermukin di daerah pesisir sangat bergantung pada terumbu karang, terumbu karang merupakan sumber makanan, mata percaharian dan perlindungan alami garis pantai. Namun sayangnya sekitar 20% terumbu karang dunia telah rusak, dan kerusakan ini akan terus bertambah setiap tahunnya jika tidak dicegah. Hal ini terutama terjadi di Indonesia dan wilayah lain di Asia Tenggara.

Terumbu karang yang hancur
Apakah anda ingin berperan serta dalam usaha menyelamatkan terumbu karang?. Anda bisa melakukan beberapa tindakan sederhana berikut :

Menghemat air
Semakin hemat air yang kita gunakan, semakin sedikit air limbah yang mencemari lautan kita. Hal ini tentu membantu mengurangi polusi.

Bepergian dengan jalan kaki, sepeda atau naik bis
Emisi bahan bakar fosil dari industri dan kendaraan menyebabkan pemanasan laut yang menyebabkan kerusakan luas terumbu karang.

Gunakan pupuk organik
Meskipun tempat tinggal anda jauh dari ekosistem terumbu karang, pupuk kimia akan tetap mengalir ke dalam sistem air, mencemari laut, dan dapat membahayakan terumbu karang serta kehidupan laut didalamnya.

Membuang sampah pada tempatnya
Jangan biarkan tali pancing atau jaring tertinggal dalam air atau di pantai. Setiap jenis sampah mencemari air dan dapat merusak terumbu karang dan ikan.

Menanam pohon
Banyak pohon berarti akan mengurangi dampak pemanasan global, salah satunya adalah mengurangi peningkatan suhu air laut yang bisa merusak terumbu karang.

Menanam pohon, mengurangi dampak pemanasan global dan menjaga kelestarian terumbu karang
Menyelam yang aman dan bertanggung jawab
Saat berenang dilaut jangan sentuh karang dan jangan biarkan jangkar perahu anda di karang. Kontak dengan karang tentu akan merusaknya dan jangkar pada terumbu karang bisa membunuhnya, oleh karenanya carilah dasar berpasir atau gunakan tambatan jika tersedia.


Sebarkan informasi
Sekarang kita sudah tahu betapa pentingnya terumbu karang bagi kehidupan. Sebarkan infromasi tersebut pada keluarga dan teman-teman anda. Ini akan mendorong orang lain untuk terlibat. Setiap orang yang peduli akan sangat berarti bagi kelestarian terumbu karang.

(Dari berbagai sumber)