SODVENTURE

sharing and inspiring

Wisata Erupsi Gunung Bromo

Ada pemandangan yang berbeda yang bisa dinikmati para pelancong di gunung Bromo. Yaitu erupsi abu vulkanik dengan pemandangan utama berupa kepulan asap bercampur pasir yang keluar dari gunung tersebut. Letusan yang terjadi akhir tahun 2010 tidak mengurangi daya tarik wisata salah satu gunung berapi terindah tersebut. Buktinya banyak wisatawan terutama wisatawan luar negeri yang tetap berani menyaksikan keindahan gunung berapi yang terletak di Jawa Timur ini.


Setelah 4 bulan ditutup akhirnya objek wisata gunung Bromo dibuka kembali akhir maret lalu, para wisatawan berkesempatan menyaksikan kepulan asap tinggi dari kawah Bromo yang menjadi daya tarik tambahan selain pesona sunrisenya yang indah. Tentu ini adalah kesempatan yang jarang karena tidak setiap saat gunung Bromo erupsi.


Walau demikian para pengunjung tetap harus berhati-hati, pihak pengelola melarang para wisatawan untuk mendekat ke area kaldera atau lautan pasir yang mengelilingi gunung dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut ini. Pengunjung juga dihimbau untuk memakai masker untuk mencegah abu vulkanik yang bertebaran masuk ke saluran pernapasan.

Jika ada kesempatan lagi, wisata erupsi gunung Bromo patut dicoba, tentu dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan. Semoga bermanfaat...