SODVENTURE

sharing and inspiring

The Miracle Of "Senyum"

Tarik bibir kanan ke atas 2 cm, tarik bibir kiri ke atas 2 cm lalu tahan selama 7 detik, itulah senyum. Hal sederhana yang mudah dilakukan, namun ada banyak keajaiban dibaliknya. Senyum itu gratis, tapi dia akan membayarmu dengan barbagai keajaibannya. Senyum membuat orang yang menerimanya merasa bahagia tanpa mengurangi kebahagiaan orang yang memberinya.

Senyum Adalah Sedekah yang Paling Murah dan Paling Mudah
Bila kamu ingin berbagi namun sedang tidak memiliki apapun, kamu bisa menggantinya hanya dengan tersenyum. Kemudian rasakanlah hal-hal luar biasa setelahnya.Seorang sahabat yang tidak memiliki apa-apa untuk disedekahkan bertanya, "Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apa pun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?". Rasulullah SAW bersabda, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (HR Tirmizi dan Abu Dzar).

Senyum Adalah Ibadah
Sebagaimana hadist Rasulullah SAW, "Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah." (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). "Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun itu hanya bermuka manis saat berjumpa saudaramu." (HR Muslim). Seorang sahabat Abdullah bin Harits menceritakan tentang Rasulullah SAW, "Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah SAW." (HR Tirmidzi). Tuh kan dalam hadist-pun disebutkan walau cuma hal kecil, tapi jangan pernah meremehkan sebuah senyuman.

Senyum Menggambarkan Kualitas Pribadimu
Dibalik sebuah senyuman itu ada pribadi yang hebat, ramah dan menyenangkan. Senyummu memancarkan pesan pada orang lain bahwa kamu adalah pribadi yang bersahabat dan menghargai kehidupan. Sehingga orang lain tahu kalo kamu itu layak untuk dihargai. Sahabat, jangan biarkan dirimu menjadi pribadi yang kurang dihargai hanya karena sulitnya memberikan sebuah senyuman. Hidup itu seperti sebuah kamera, tetaplah tersenyum untuk mendapatkan gambar terbaikmu.

Senyum Adalah Obat Alami
Senyum itu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan membuat wajah kamu terlihat awet muda. Bahkan dalam riset yang  dimuat dalam jurnal Psychological Science disebutkankan bahwa senyum ada kaitannya dengan umur yang panjang. Dengan senyum tubuh akan melepaskan endorphins, pemati rasa alami dan serotonin, besama-sama ketiganya dapat membuat tubuh terasa lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Kamu yang menyadari pentingnya kesehatan tentu tak akan melewatkan hari-hari yang kamu jalani tanpa senyuman tulus dari wajahmu.

Senyum Itu Menular
Ketika kamu berada dalam situasi yang kaku atau berada dalam ruangan yang dipenuhi orang-orang yang baru kamu kenal, tersenyumlah dengan tulus! Lalu lihatlah balasan senyuman dari mereka yang akan mencairkan suasana dan menimbulkan keakrabaan. Senyummu membuat banyak orang tertarik untuk mengenalmu lebih dekat.

Senyum Itu Mengubah Mood
Coba kamu ingat-ingat apa yang kamu rasakan ketika menerima sebuah senyuman tulus, baik itu dari temen kamu, sodara kamu, maupun senyuman tulus dari bapak atau ibu kamu. Selain kamu bakal membalas senyuman mereka, ada sesuatu perasaan yg timbul juga, yaitu perasaan positif yang bikin mood kamu jadi bahagia.

Meringankan Beban Masalah
Sahabat, masalah dan beban hidup jangan dijadikan alasan untuk menebar senyuman. Justru dengan tetap tersenyum dikala kita dihadapkan pada situasi sulit, beban masalah itu akan terasa lebih ringan. Senyum itu seperti oase di tengah gurun pasir. Ia ibarat setetes air jernih yang bisa menghilangkan dahaga. Ia seperti udara di pagi hari yang menyejukan. Ia seperti sumbangan uang bagi fakir miskin. Ia seperti pinjaman uang bagi yang sedang membutuhkan. Ia juga seperti semangkuk mie instan bagi pengungsi yang kelaparan.

Sahabat, senyum yang terpancar dengan tulus membuat hati dan jiwa terasa tentram, dan akan lebih baik jika kamu yang mengawali memberi senyuman itu. Jadi, kenapa harus menunggu sampai merasa bahagia baru tersenyum? Justru dengan tersenyum kebahagiaan itu akan datang kemudian.

Tersenyumlah,,,tapi jangan senyum-senyum sendiri ya...hehehe

A smile is a curve that helps to set things straight.
If you meet a man who has no smile, give him yours.